Saturday 6 August 2011

Format Harddisk untuk MAC os dan windows

buat teman-teman yang bagi pemula pengguna  MAC OS mungkin sedikit bingung bagaimana cara penggunaanya,apalagi seperti saya malah banyak bingungnya,haha,
maklum wong deso,,
disini saya mencoba menjelaskan pengalaman saya,yang mana sebelumnya menggunakan WINDOWS OS,dan setelah membeli sebuah harddisk portable dengan kapasitas 320 Gb,menemui kendala pada HD portable saya. 
awalnya saya tidak ingin membeli lepi MBP(MacbookPro) namun karena rasa penasaran menggebu-gebu ,walaupun dari teman mendengar kalau Mac OS lebih susah dan rumit, dan membaca artikel dari sebuah media yang tertulis bahwa,menurut
 Presiden Israel Simon Peres 
mengatakan, 
ilmu pengetahuan dan teknologi jauh lebih berharga daripada tanah. Menurut dia, iptek akan menjadi satu-satunya alat untuk menyejahterahkan umat manusia. Tanpa tanah yang luas pun, kemakmuran akan dapat dicapai. Tapi, manusia tidak dapat hidup sejahtera hanya dengan tanah.

dan setelah berpikir lebih kedepan lagi ternyata apa kata presiden peres ini ada benarnya juga karena ilmu tehnologi tidak akan mati dan akan terus berkembang,akhirnya pada tahun 2010 saya mencoba mengumpulkan uang untuk membeli Lapi besutan dari Apple,yaitu macbook pro,dan maaf ini bukan untuk pamer namun buat teman2  kalau membeli sesuatu jangan hanya diniati untuk pamer,gensi,dan lain sebagainya tapi pelajari benar2,diamati,dan digunakan sebaik mungkin semua layanan yang tersedia didalamnya,sehingga tidak mubadzirkan uang kita, 
dan setelah terkumpul,alhamdulillah bisa terbeli dan ternyata sangat menyenangkan dan menarik,namun dari sini kebingungan mulai muncul satu persatu karena perpindahan dari windows ke Mac tanpa adanya mentor tapi ,dengan berusaha mencoba,teliiti,dan tentunya kesabaran Alamdulillah sedkit demi sedikit bisa mengoperasikanya,walaupun masih belum seberapanya tapi saya ingin berbagi sedikit tentang cara format Harddisk maupun Flashdisk agar bisa digunakan dalam dua OS,baik mac maupun windows,namun kalau hanya 1-2 Gb,pengalaman saya ga perlu diformat,namun kalau sudah diatasnya menjadi kendala,karena saat itu saya ingin menyimpan file saya kedalam harddisk saya namun tidak pilihan ``Paste`` didalamnya,selama 3hari saya bingung gmn cranya,bahkan setelah nanya ditoko belanja  online hanya ada harddisk dari lacie yang recommended untuk Mac OS,maklum masih newbi.
dan akhirnya setelah searching dan mencoba-coba Alhamdulillah ketemu juga, yaitu dengan cara menformat HD tersebut dengan MS-DOS(FAT),awalnya saya mencoba dengan flashisk 4 Gb,karena kalau yang 320 gg kelamaan backup fil2 didalamnya ,dan ternyata berhasil,akhirnya saya mencoba yang 320 Gb ,berhasil juga,
catatan saya menformatnya dengan Mac OS
sangat senang hati saya saat itu karena bisa copy paste file di Mac OS,dan HDpun bisa dipakai didalam 2 OS adapn langkah-langkahnya sebagai berikut;
1.carilah menu Aplications.dan kira-kira akan muncul seperti gambar dibawah ini
2.carilah menu Utilities,dan masuklah kemenu utilities,dan disini kamu akan menemukan Harddisk yang akan diformat,klik 1 kali dan kemudian pilih erase,,disitu akan tertulis
format:,,,,,,,,,,,??
name:nama harddisk kamu
pada pilihan format pilih  MS-DOS(FAT).dan klik erase,mudah bukan,tapi terasa susah kalau tidak tahu ilmunya
""backup file2 anda sebelum memformatnya,karena akan terhapus semua""
terima kasih


1 comment:

  1. trims atas artikelnya sob..:D

    sedang mendonlot OS mac nih, sptnya tampilannya gak jauh ama windows ya.

    jd penasaran,,hehe :D

    ReplyDelete