Saturday 19 September 2015

Cara Menghidupkan Mesin Injeksi Setelah Terjatuh

Bagaimana Cara Mengatasi Motor Injeksi yang Jatuh dan Sulit di Hidupkan.
Pada kesempatan ini Saya akan mencoba membahas Seputar Otomotif khususnya motor injeksi yaitu Mengapa Motor Injeksi yang Jatuh dan Sulit di Hidupkan..
Ya mungkin pembahasan ini sudah banyak sekali singgung di situs lain, tetapi tidak apa lah itung itung saling berbagi aja barang kali ada yang belum mengetahuinya.
Langsung Saja kita baca :
Bagaimana Cara Mengatasi Motor Injeksi yang Jatuh dan Sulit di Hidupkan







Bagi agan-agan pengguna motor injeksi pasti tahu kan perangkat yang diera modern yang satu ini
1.  LAS (Lean Angle Sensor) pada motor injeksi YAMAHA (Vixion )
2.  BAS (Bank Angle Sensor ) pada motor injeksi HONDA, tapi untuk varian Suprax helm in FI dan        Spacy FI sudah ditiadakan.

Pertama saya coba menjelaskan fungsi-fungsi dari sensor diatas, sekalian menambah wawasan kita ya ga bro..
Sensor Kemiringan Motor (Lean Angle Sensor dan Bank Angle Sensor). - Sensor ini bertugas mendeteksi kemiringan motor, atau yang lebih tepatnya berfungsi ketika terjadi kecelakaan jika motor anda ambruk, otomatis sudut kemiringan motor anda kurang dari 65 derajat, maka sensor ini akan mengirimkan sinyal ke ECU / ECM untuk menonakifkan semua sistem mesin kemudian mesin mati secara otomatis, Lean Angle Sensor untuk motor brand yamaha, dan Bank Angle Sensor untuk motor brand honda, tetapi sistem kerjanya sama, sensor ini terdapat dibawah jok motor.
Cara ini sebagai safety bagi pengendara supaya mesin tidak menyala saat motor terjatuh (terjadi kecelakaan). Agar musibah yang terjadi tidak semakin fatal.

Terus apa perbedaannya......
yang pertama coba saya menjelaskan :

  1. LAS pada V-Ixion. Sensor LAS akan bekerja pada sudut 65 derajat ± 10 derajat selama 2 detik (motor diasumsikan terjatuh). 
  2. BAS akan bekerja ketika motor terus berada dalam kondisi miring 55 derajat ± 5 derajat selama minimal 5 detik. Diasumsikan motor dalam keadaan terjatuh, kemudian ECM akan menghentikan kerja dari Fuel Pump, Injector, dan Ignition Coil.
Ingat ya, jika membongkar sensor LAS dan BAS, jangan sampai lupa posisi pasangnya. Karena jika salah posisi maka mesin tidak akan bisa dinyalakan.

Mungkin ada beberapa dari juragan semua yang merasa kesulitan dalam menghidupkan motor injeksi-nya ketika sensor ini bekerja, sensor ini akan bekerja saat motor yang dikendarain terjatuh, terlalu miring, terjungkal. Nah gak usah panik dan emosi  soalnya emosi malah bikin pikiran ngak karuan.
Meskipun di stater pakai kick stater ngak nyala. Memakai dobel stater (electric stater) juga ngak nyala. Sampai kaki kapalan dan jempol tangan sobek tetep ngak bisa nyala. haduuuuh (gimana nih.?). Terpaksa nyari bengkel resmi yang terdekat.

Nah sekarang bagaimana cara menghidupkannya....
Sabar dong, ngebet banget  penasaranya, heheh
Nah dari pertanyaan konsumen tersebut cb saya kasih jawabannya biar agan semua pada ngerti.
Bukan berarti motor injeksi-nya agan rusak, tetapi untuk menyalakannya cukup mudah kok ngak butuh alat alat khusus (Cukup ditiup aja. hehe). Yang perlu kita lakukan yaitu memainkan  yang namanya kunci kontak (main switch) dengan cara yang pertama kita lihat  posisi kunci kontak pada posisi ON, terus putar aja pada posisi OFF,  setelah itu kita ON-kan lagi kunci kontak. Nah sekarang coba deh motornya di stater pasti nyala. (Jebule gampang banget). Gampangannya kita cuma disuruh matiin kunci kontak terus di ON kan lagi kunci kontaknya supaya bisa merefresh / merestart sistem injeksinya.



Oke deh sekiranya hanya itu pembahasan Saya kali ini tentang Seputar Otomotif Motor Injeksi berjudul Bagaimana Cara Mengatasi Motor Injeksi yang Jatuh dan Sulit di Hidupkan. Saya minta maaf apabila penjelasan dan pembahasan Saya kurang lengkap, maaf juga bila ada banyak kesalahan. Semoga Anda semua bisa memahami dan artikel Saya diatas bisa sedikit membantu kalian semua.

0 comments:

Post a Comment