Thursday 28 July 2011

Kemandirian iman

Sebelumnya saya mengucapkan syukur ke Hadirat Alloh SWT yang telah menganugerahkan nikmat dan karuniaNya pada kita semua,
Dan yang kedua saya mengucapkan banyak terima kasih kepada ke dua orang tauku yang telah membimbing dan memberikan pengarahan sehingga saya bisa seperti saat ini,dan tidak lupa juga kepada teman-teman semua yang telah mendukung dan memotivasi saya sehingga berkat keduanya saya bisa lebih berhati-hati dalam melangkah dan tetap berusaha untuk memegang teguh peraturan dalam agama,
Sebelumnya perkenalkan nama saya:tamrinnur,saya lahir didaerah sukoharjo,jawa tengah yang mana mungkin saat ini lebih dikenal sebagai kota teroris,karena banyak sekali teroris yang ditangap itu berasal dari sekoharjo,dan disini saya bukan bercerita cara merakit BOM ,karena memang tidak bisa tapi saya akan sedikit menceritakan pengalaman saya ketika berada dijepang,tepatnya didaerah pulau kyushu,sagaken,imarishi,kurogawachou,kurogawachou,namura danchi K-203,ini adalah alamat lengkap saya dijepang,meskipun berada dijepang tapi bila dibandingkan dengan kampong halaman saya ,lebih bagus dikampung soalnya disini jika ingin belnja saja membutuhkan jarak tempuh 1jam perjalanan dengan mengguanakan sepeda ,karena disini para KENSHUSEI/PESERTA MAGANG tidak diperkenankan mengendarai sepeda motor apalagi mobil,sehingga hanaya sepeda yang menemani kami selama 3tahundisini,tapi disini transportasi uum sangat diatur dengan baik sehingga orang asingpun seperti saya tidak kesulitan bila memakai transportasi umum,dan karena tempat tinggal saya jauh dari halte bus jadi harus berjalan dlu kurang lbih 500m,jadi teman2 yang ingin pergi kejepang jangan berhaal tentang serba praktis dlu,tapi bayangkanteman2 akan ditempatkan disuatu tempat yang sangat pedesaan dan itu akan melatih mental kita setelah setibanya dijepang sehingga tidak kaget bial kenyataanya kita berada di pegunungan yang sangat jauh dari kemewahan Negara jepang,tapi inipun sekit menguntungkan kita karen selain menghemat uang pengaruh pergaulan bebaspun bisa berkurang,karena kita tahu sendiri bahwa Negara jepang adalah Negara bebas,baik minuman keras,perjudian,tentan seks sekalipun asal sudah suka sama suka mlam itupun bisa dilakukan,maka dari itu sebelum pergi kejjepang usahakan untuk memperkuat keimananya masing2 dan selama berada dijepangpun jangan lupa untuk senatiasa menjaga keimanaya dengan mengikuti pengajian2 baiksecara bertemu langsung maupun lewat internet biasanya dengan menggunakan yahoo konferense,Karen walaupun dipegunungan sekalipun tapi pelayan internet sudah bisa dirasakan jadi buat teman tidak perlu khawatir untuk masalh komunikasi maupun untuk menghubungi keluaraga,akhir-akhir inipun sangat banyak sekali provider yang menyediakan kartu telepon luar negeri dan terbilang sangat murah jika dibanding dengan tahun2 sebelumnya,saya biasa menggunakan BRASTEL ,maaf bukanya promosi karena selain murah juga jelas tapi ada yang lebih murah lagi yaitu VOIP walupun lbih murah tapi kadang kualitas suaranya tidak jelas, dan sedikit berbagi pengalaman saya selama dijepang tentang cara2 saya menyemptkan waktu untuk melaksanakan,sholat,maupun mencari makanan yang tidak mengandung bahan makanan yang termasuk makann haram,seperti daging babi(豚肉),lemak babi biasanya ditulis huruf jepang 乳化剤,おsake(酒)ini adalh minuman beralkohol kas dari jepang dan hamper kebanyakan roti/maupun makann disini mengandung ketiga ini jadi supaya lebih hati-hati,dan dijepang sendiri ada 4musim yaitu musim panas,musim gugur,,musim semi,dan musim dingin,dan ini yang sangat berpengaruh sekali terhadap pemeluk agama islam terutama dalam urusan ibadah,terutama sholat dan puasa,disini saya akan sedikit mencoba menceritakan gambaran keadaan permusim dijepang sebagai berikut:
A.MUSIM PANAS
Pertama kali sya dating kejepang adalah musim panas,dan disaat ini saya belum terlalu merasakan bagaimana keadaaan sebenarnya diluar ruang karena puncak musim panas terjadi dibulan 8 dan untuk beribadah sholatpun belum ada kendala berarti karena saya masih penyesuaian dan ditempatkan digenba disuatu tempat yang berAC namun setelah kurang lbih 3minggu kemudian saya sudah diperkenalkan ke tempat bekerja yang sesungguhnya,yaitu didalam kapal untuk mengecat bagian ruang permesinan yang sangat panas seukuran saya yang sebagai pendatang baru,disaat itu karena mesin kapal sudah dinyalakan jadi suhu dalam ruangpun ikut bertambah panas setelah meliha thermometer dalam ruang itu tertulis angka 51˚ celcius,pagi harinya pada saat masuk keruang itu saja keringat sudah bercucuran,dan pada saat bulan itu juga bertepatan bulan puasa jadi bisa dibayangkan betapa memerlukan perjuangan untuk bisa menjalankan ibadah puasa ditempat yang seperti itu. Karena pada musim panas siang itu lbih panjang dari pada malamnya,sehingga secra tidak langsung puasanyapun ikut panjang sekitar jam 19:20an baru adzan puasa sedangkan jam 3:00 sudah waktunya sholat subuh dan ini menjadi motivasi dan perenungan bagi diri saya sendiri karena hidup diindonesia yang notabene Negara tropis yang sangat mudah untuk mnejalankan ibdah ,sholatpun juga karena di Indonesia banyak sekali tersedia tempat sholat dan di sini untk menjalankan ibadah sholat dimusim panas ini lebih mudah dibandingkan dengan saat musim panas karena waktu sholat terutam untuk sholat ashar dan maghrib itu sangat panjang jadi tidak khawatir dimusim ini.
B.MUSIM GUGUR
Ini musim dimana keadaan suhu udara hamper sama dengan Indonesia,sekitar 25-29 derjat,sehingga bagi yang membiasakan puasa senin kamis atau puasa sunah lainya musim ini tidak bgitu berat karena hamper sama dengan diinonesia, dan sedikit demi sedikit waktu siangpun semakin memndek sekitar jam 6 sore suara adzan sudah mulai berkumandang,tapi maaaf jangan berharap anda akan mendengarkan suara adzan dijepang,dan waktu2 sholat ini biasanyansaya kethui dengan melihat adzan melalui internet,setelah di computer di install software athan dengan sendirinya akan update setiap ada perubahan waktu sholat dengan catatan computer hahrus selalu tersambung dengan internet,disaat musim ini perlu diperhatikan adalh waktu sholat ashar karena jam kerja diperusahaan sya sampai dengan jam 5sore jadi setelah keluar dari tempat kerja harus segera sholat jika tidak waktu sholat asharpun akn habis.maka disaaat ini saya biasa melaksnakan sholat ashar diperushaan,karena jarak antara perusahaan dengan tempat Apato itu sekitar 30 mnitan dengan menggunakan sepeda jadi sudah tidak memungkinkan bila dilaksanakn di apato,meskipun sedikit menutup kuping orang jepang yang rewel jika kami beribadah ditempat itu tapi lama kelamaan orang jepangpun mengerti dan tidak marah lagi karena apa,tempat yang saya gunakan untuk sholat itu sebenarnya adalah tempat ganti baju orng jepang setelah mandi disitu,d
SHOLAT
Saatdiperusahaanpadaawalnyasayasedikitkebingungandengancaramembagisholat,karenamasihbelumtahunyatempatdanwaktu yang manabilakitamengerjakanapakahakanmenjadikanmasalahdenganperusahaan,karenamerakasamasekalitidaktahuapaitusholat,yangmerekantahuadalahwaktukerjayakerja,tapibetapabersyukrnyasaya yang manasayaberadadisebuahperusahaan yang notabenebanyakorangIndonesia,dandsitusayabisabelajardaripara senior saya,baikuntuksholatdzuhur,ashardansholatjumat,padasaatawalmasukperusahaansayasangatbersyukurkarenadsitusayalangsungdikasihtahutempatsholat,danternyatatempatituadalahtempatruanggantisaatorangjepangmandi yang biasadipakaisetelah jam kerjasekitar jam 5,sedikit menjelaskanbahwaorangjepangkalaumandibiasanyabareng-bareng,merekagasepertikita yang mungkinmalu-malukalauharustelanjangbareng,walaupunhanyauntukmandi.dankarenadijepanginiada 4 musim,yagmanainisangatberpengaruhdenganwaktusholatdijepangini,semisalpadasaatmusimdinginwaktusholatmaghribitubisajadi jam 5 sore itumataharisudahterbenamjadiotomatiswaktuuntukmenunaikansholatasharitusudahhabis,sementara jam kerjasayasampai jam 5,dan alhamdulillahsetiapharinyapadasaat jam kerjaadawaktuistirahatsekitar jam 10 dan jam 3sore,dan dengasedikitberadaptasidengapekerjaandanakhirnyasayabisamengambilwaktuistirahatdi jam 3 tersebutuntukmenunaikanibadahsholatashar,tapidiperusahaantemansayaitutidakadawaktuseluangsayauntukmenjalankansholatsetelahmencobamenanyakanpada guru ngajinyakalauterpaksakitapunbisamenjalankansholatwalaupundalamkeadaanmengoperasikanmesin,dankitabisamenyempurnakanyasetelahpulangkerja ,danmendeakimusim semi waktuadzanmaghribjugamulaimelambatyaitusekitar jam6,sementara daritempattinggalsayakeperusahaankalaupulangitubisamenempuhjarakwaktu 35menitan jadimasihbelummemungkinkanbiladilaksanakan APATO(namarumahkontrakandijepang) sehinggaterkadangsayapunmelaksanakansholatashardiruanggantitersebutwalaupunterkadangbarengdenganorangjepang yang sedangmandi,karenadisitulahterdapatbanakkran air sehinggasangatmudahuntukmelakukanwudhu,walaupunterkadangmendengarorangjepang yang ngomel2 karenamerasaterganggudengankeberadaanorangindonesia yang sholatdisitu,tapi lama-lama merkapunakhirnyamembiarkankami,jadi itu sedikit menceritakan gimana pengalaman saya cara beribadah sholat diperusahaan yang ada dijepang,sedikit himbauan untuk para sahabat-sahabt yang ingin mengejar impianya dan mengharuskan untuk pergi keluar negeri tidak perlu khawatir tidak bisa melaksanakan ibadah wajib sholat,apalagi dinegara non muslim seperti halnya dijepang ini. selagi ada kemauan dan mau berusaha untk melaksankanya,insya Alloh akan diberikan petunjuk oleh Alloh SWT,
2.Puasa
Alhamdulillah selama dijepang dalam kurun waktu kurang lebih 3tahun(2008-2011)bisa menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan,meskipun pada tahun tersebut adalh puncak dari panasnya suhu udara dimusim panas yaitu sekitar 38-40˚C,apalagi tahun kemarin,karena mesin ditempat kerja saya itu menyala sehingga suhu dalam ruang tersebut bisa mencapai 51˚C bisa dibayangkan berpuasa didalam suhu seperti itu tapi Alhamdulillah bisa melaksankanya walaupun untuk tahun kemarin saya punya hutang puasa itu semuanya Alhamdulillahi saya puasa sejak pagi tapi ada yang jam 3 atau jam 4 sore terpaksa harus berbuka sebelum adzan Karena badan sudah tersa sangt lemas dan tidak kuat lagi,saya takut bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan ketahuan Perusahaan akan dimarahi karena jika berpuasa saya terpaksa berbohong kepada atasan saya,karena disini kami dilarang berpuasa karena mereka khawatir jikan sampai pinsan pada saat kerja sehingga dengan alas an hanya makan roti dan menunjukan pada pimpinan perusahaa saya disaat makan saiang,alhamdllh selama 3tahun ini bisa melaksanakan sekuat kemampuan saya,
to be continue

0 comments:

Post a Comment